4 Tips Mencegah Kaca Mobil Terkena Jamur saat Musim Hujan

4 Tips Mencegah Kaca Mobil Terkena Jamur saat Musim Hujan

blogoseo.com Kaca depan mobil menjadi sesuatu yang sangat penting, karena berkaitan dengan jarak pandang saat berkendara yang tentunya berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan.

Namun, saat musim hujan seperti saat ini, terkadang jamur sering menempel di kaca depan.

Hariadi, Asst. kepada Dinas Dept. Head of PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan bahwa munculnya jamur pada kaca mobil disebabkan oleh air yang menempel dan kemudian mengering dengan sendirinya setelah terkena panas atau sinar matahari, sehingga akan menjadi bekas seperti kerak yang menempel.

Kondisi yang tidak menyenangkan ini dapat diketahui dan dihindari melalui beberapa tips yang mudah dilakukan, termasuk:

1. Periksa kondisi kaca mobil secara langsung

Jika ingin tahu secara langsung, pengendara bisa mencuci mobil seperti biasa. Setelah bersih dan kering, pengendara bisa mengecek langsung dengan melihat dan memperhatikan detail kaca mobil.

Jika ada bercak putih yang seolah menempel dan tidak hilang meski sudah dibersihkan, maka itu adalah jamur kaca yang bisa mengganggu visibilitas pengendara.

2. Kondisi Kaca Mobil berjamur mudah diperhatikan di malam hari

Pengemudi harus memastikan bahwa kaca mobil bersih jika mereka ingin mengidentifikasi tanda-tanda jamur pada kaca mobil.

Jika visibilitas pengemudi saat melihat benda lain di malam hari kurang jelas, kondisi tersebut dapat mengindikasikan bahwa kaca mobil berjamur.

3. Bersihkan mobil setelah terkena air hujan

Air hujan Mengandung pH yang cenderung bersifat asam yang dapat mempengaruhi kondisi permukaan kaca mobil.

Cara terbaik untuk menghindari munculnya jamur adalah dengan segera mencuci dan mengeringkan mobil yang baru terkena hujan dengan lap bersih.

4. Menggunakan Pembersih Jamur Kaca Khusus

Jika kaca mobil diindikasikan berjamur, pengendara dapat menghilangkannya dengan menggunakan bahan kimia pembersih khusus untuk perawatan kaca.

Pembersih tersebut dapat menghilangkan bintik-bintik jamur pada kaca mobil, sekaligus mengembalikan kondisi kaca menjadi bening kembali.

Perlu diingat, pemilihan produk pembersih yang berkualitas baik dan tepat akan memberikan hasil yang optimal.

“Kaca mobil berjamur dapat mengurangi visibilitas dan dengan demikian meningkatkan potensi kecelakaan.

Selain itu, cetakan pada kaca juga mengurangi estetika kendaraan dan dapat mengurangi nilai jual kembali kendaraan. Langkah-langkah di atas untuk pencegahan kaca berjamur dapat dilakukan secara mandiri.

You May Also Like

About the Author: Strongers

Leave a Reply

Your email address will not be published.