5 Manfaat Hati Sapi untuk Kesehatan

5 Manfaat Hati Sapi untuk Kesehatan

blogoseo.com Hati sapi adalah daging organ yang cukup populer dikonsumsi. Hati sapi menjadi persiapan lezat yang disukai banyak orang. Hati mengandung nutrisi tinggi yang baik untuk tubuh. Tidak hanya kaya zat besi, hati sapi mengandung jauh lebih banyak vitamin B – 12 dan vitamin A.

Karena hati menyaring racun dan zat berbahaya lainnya dari darah, beberapa orang berpikir makan hati sapi buruk bagi kesehatan. Meskipun mengkonsumsi hati sapi memang membutuhkan beberapa pertimbangan potensial, itu sangat baik untuk kesehatan.

Hati sapi yang kaya nutrisi mudah ditemukan dan diolah menjadi berbagai menu makanan. Mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar dapat memberikan manfaat kesehatan secara keseluruhan. Namun, penting untuk dicatat bahwa hati sapi dan semua jenis hati tidak dianjurkan untuk orang dengan kolesterol tinggi.

Baca juga :

Menghasilkan energi yang sehat

Hati sapi mengandung karbohidrat dan protein, yang keduanya berkontribusi pada jumlah energi untuk memberi daya pada tubuh. Energi utama yang dibutuhkan tubuh berasal dari karbohidrat dan kemudian dari protein.

Makronutrien ini tidak dapat diubah menjadi energi tanpa vitamin B. Untungnya, hati sapi adalah sumber vitamin B terbaik. Hati sapi mengandung tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B-6, folat, vitamin B-12 dan asam pantotenat.

Lebih dari seperempat hati sapi terdiri dari protein. Selain itu, protein ini berkualitas sangat tinggi, karena menyediakan semua asam amino esensial. Satu potong hati sapi rebus memiliki 3,5 gram karbohidrat dan 20 gram protein.

Asupan protein yang tinggi dapat membantu membangun otot dan melindungi dari kehilangan otot sambil menurunkan berat badan.

Melawan anemia

Memasukkan hati sapi ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan asupan zat besi dan mencegah anemia. Zat besi dalam sel darah merah membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Tanpa pasokan zat besi yang cukup, tubuh akan rentan terhadap anemia defisiensi besi. Zat besi juga memiliki peran lain di seluruh tubuh, termasuk mendukung metabolisme dan sistem kekebalan tubuh

Satu potong 2,4 ons hati sapi rebus mengandung 4,5 miligram zat besi. Pria dewasa membutuhkan 8 miligram zat besi per hari, sedangkan wanita membutuhkan 18 miligram.

Untuk lebih meningkatkan asupan zat besi, sajikan hati sapi dengan sisi bayam, brokoli, atau kacang polong.

Mendukung kesehatan mata

Hati hewan seperti sapi adalah salah satu sumber terkaya vitamin A. ini karena seperti manusia, hewan menyimpan vitamin A di hati. Nilai harian yang direkomendasikan dari vitamin ini adalah 5.000 unit internasional untuk orang dewasa. Vitamin A dalam hati sapi larut dalam lemak, jadi tidak ada yang terbuang.

Satu porsi hati sapi menyediakan 21.566 Unit Internasional vitamin A, penting untuk mencegah katarak, infeksi mata, dan degenerasi makula terkait usia.

Namun, penting untuk diketahui bahwa bentuk vitamin A yang diperoleh dari hati bisa menjadi racun jika dikonsumsi terlalu banyak. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi lebih dari 10.000 unit internasional setiap hari.

Mendukung kekebalan

Tidak hanya baik untuk mata, vitamin A dalam hati sapi juga baik untuk kekebalan tubuh. Menurut Linus Pauling Institute, tanpa cukup vitamin A, sistem kekebalan tubuh melemah.

Ini karena vitamin A penting untuk pertumbuhan normal sel darah putih. Vitamin A berperan dalam mensintesis sel darah merah dan mengatur gen.

Sementara itu, kandungan vitamin B-6 mengatur suasana hati dan siklus tidur. Vitamin B – 12 dalam hati sapi juga sangat penting untuk saraf dan sel darah merah.

Zat besi dan seng dalam hati sapi juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Seng juga penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat dan membantu mengatur DNA.

You May Also Like

About the Author: Strongers

Leave a Reply

Your email address will not be published.