in

5 Risiko Gagal Bayar Pinjol yang Menakutkan Bagi Anda

5 Risiko Gagal Bayar Pinjol yang Menakutkan Bagi Anda
id.pinterest.com

Terdapat beberapa risiko gagal bayar pinjol yang perlu Anda ketahui. Hal-hal tersebut bisa Anda jadikan pertimbangan secara matang, sebelum Anda melakukan pengajuan pinjaman online. Sampai sekarang ini, memang belum terdapat hukum pidana untuk siapa saja yang melakukan penegakan bayar hutang pinjol.

Terdapat beberapa kesulitan lainnya yang akan Anda hadapi apabila tidak melunasi hutang tersebut. Contohnya saja dapat kesulitan dalam melakukan pengajuan pinjaman lainnya. Bukan hanya itu saja, besaran hutang akan semakin bertambah besar. Untuk itu, ini risiko jika Anda tidak membayar hutang ke pinjol.

5 Risiko Gagal Bayar Pinjol yang Menakutkan Bagi Anda
id.pinterest.com

Beberapa Risiko Gagal Bayar Pinjol

Sekarang ini fenomena pinjaman online atau pinjol sedang marak di masyarakat. Pinjaman online atau pinjol sendiri menjadi pilihan bagi masyarakat yang sedang memerlukan uang mendesak. Akan tetapi, di balik kemudahannya, terdapat pula risiko gagal bayar yang perlu Anda waspadai.

Seperti yang Anda ketahui, bahwa Pinjol sendiri banyak peminatnya. Sebab proses pengajuan yang mudah juga cepat cair. Berikut ini beberapa risiko yang perlu Anda ketahui.

Terdapat Denda Keterlambatan

Untuk risiko yang pertama yaitu denda keterlambatan. Saat Anda tidak bisa membayar tagihan secara tepat waktu atau lewat masa jatuh temponya. Maka pihak penyedia pinjol akan memberikan denda keterlambatan. Umumnya, semakin lama waktu keterlambatan Anda dalam membayar, maka akan semakin bertambah besar juga denda yang pihak pinjol berikan.

Sesuai dengan aturan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, maka denda keterlambatan yang dikenakan maksimal pada angka 0,8% untuk setiap harinya. Bukan hanya itu, jumlah denda keterlambatan maksimal yang dikenakan untuk Anda yang mengalami gagal bayar yaitu 100% dari jumlah pokok pinjaman.

Namun, aturan tersebut hanya berlaku untuk pinjol legal yang sudah terdaftar di OJK. Bagi pinjaman online ilegal, akan menetapkan aturan berdasarkan dengan ketentuan perusahaannya. Maka dari itu, dalam mengajukan pinjaman online, pastikan Anda memilih pinjol yang legal.

Beban Bunga yang Kian Meninggi

Risiko gagal bayar pinjol berikutnya yaitu beban bunga yang kian meninggi. Semakin tinggi bisa saja menjadi beban keuangan yang terbilang berat. Saat Anda tidak bisa membayar pinjol secara tepat waktu, membuat penyedia pinjaman kerap kali mengenakan bunga tambahan dengan jumlah yang besar.

Bunga tambahan tersebut bahkan bisa membuat jumlah total pinjaman yang perlu Anda bayar semakin meningkat dengan cepat. Dengan begitu Anda dapat merasa terjerat dalam lingkaran hutang yang begitu sulit Anda atasi. Oleh karena itu, usahakan untuk membayar pinjaman online secara tepat waktu supaya terhindar dari beban bunga yang semakin tinggi.

Blacklist OJK

Bukan hanya bunga yang semakin tinggi, risiko gagal bayar pinjol juga bisa berdampak negatif terhadap skor kredit Anda. Terdapat Salah satu dampak yang terbilang serius yaitu peluang untuk masuk blacklist dalam sistem layanan informasi keuangan atau Slik yang OJK awasi. Bahaya tersebut tidak boleh dianggap remeh, sebab masuk blacklist SLIK OJK bisa mempunyai konsekuensi yang merugikan secara finansial.

Saat Anda masuk dalam blacklist SLIK OJK, maka bisa menghambat kemampuan Anda dalam memperoleh pinjaman atau kredit. Bukan hanya itu, status blacklist juga bisa berpengaruh terhadap reputasi finansial Anda. Maka bisa berpengaruh terhadap kemampuan dalam mengakses jumlah kesempatan keuangan di masa depan.

Adanya Penagihan Pihak Debt Collector

Perlu Anda ketahui, pinjol juga menerapkan aturan yang ketat dalam menghadapi pinjam gagal bayar. Produser tersebut bahkan telah diatur oleh AFPI atau Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia.

Pada tahap awal proses penagihan gagal bayar, umumnya Anda hanya akan mendapatkan peringatan melalui pesan singkat. Akan tetapi, jika pembayaran tak kunjung Anda lakukan, membuat pihak penyedia pinjol akan menurunkan debt collector guna mendatangi tempat tinggal Anda.

Penyebaran Data Pribadi

Risiko gagal bayar pinjol yang terakhir yaitu adanya kemungkinan dalam penyebaran data pribadi. Umumnya, risiko tersebut terjadi jika Anda meminjam uang melalui pinjol yang ilegal. Pastinya, penyebaran data pribadi bisa meningkatkan risiko penyalahgunaan data atau peluang gangguan kepada identitas Anda. 

Pinjol yang Bisa Bayar di Alfamart

3 Aplikasi Pinjol yang Bisa Bayar di Alfamart Secara Mudah

Pinjaman Online Rupiah Cepat

Pinjaman Online Rupiah Cepat, Pilih Sekarang untuk Pinjam Uang