Cara menghapus pelindung tulis dari USB

Selamat datang Gaes blogoseo.com. Malam ini kita akan membicarakan tentang Gaming Tutorials yaitu Cara menghapus pelindung tulis dari USB

Mari baca artikel ini hingga selesai

Stik USB dan perangkat penyimpanan data portabel serupa cocok jika Anda ingin menyiapkan foto, media, atau file kerja Anda. Seiring waktu, perangkat penyimpanan ini telah menjadi metode paling umum untuk menyimpan data digital. Namun, terkadang Anda tidak dapat mentransfer file ke USB karena proteksi tulis diaktifkan.

Upaya penulisan yang gagal dapat menyebabkan memori USB macet. Untungnya, ada cara cepat dan mudah untuk memperbaiki masalah proteksi penulisan, baik Anda menggunakan PC Windows atau Mac. Bahkan jika Anda menggunakan Chromebook, ada solusinya.

Catatan: Beberapa SanDisk USB Stick (flash drive) Dan merek lain mungkin memiliki mekanisme perlindungan internal. Menurut SanDisk, jika drive USB terkena lonjakan daya atau kesalahan yang berpotensi berbahaya lainnya, itu akan kehilangan akses tulis dan tidak ada cara untuk memulihkannya. Mereka mengharapkan Anda untuk menyalin data ke drive lain dan menggantinya.

Pertama periksa sakelar proteksi tulis

Sebelum kita masuk ke rincian menghapus perlindungan tulis pada sistem operasi yang berbeda, Anda harus terlebih dahulu memeriksa satu hal. Beberapa unit penyimpanan data memiliki sakelar fisik untuk mengaktifkan atau menonaktifkan perlindungan penulisan.

Ambil drive USB yang Anda coba tulis dan cari sakelar, yang biasanya terletak di sebelahnya, dan mungkin juga diberi label “kunci” atau “perlindungan tulis”. Pindahkan ke posisi lain, masukkan kembali, lalu pindahkan data ke memori eksternal lagi.

Jika berhasil, masalah Anda terpecahkan dan yang harus Anda lakukan adalah memastikan sakelar tidak secara tidak sengaja bergerak lagi di posisi yang salah. Jika tidak ada sakelar (paling umum), atau Anda masih tidak dapat menulis ke USB, Anda harus menggunakan metode lain. Mari kita mulai!

Hapus Perlindungan Tulis USB menggunakan Windows

Jika Anda memiliki PC Windows, ada beberapa cara untuk menghapus proteksi penulisan dari stik USB. Mari kita lihat beberapa di antaranya sekarang.

Matikan Bitlocker untuk menonaktifkan perlindungan penulisan USB

Sejak Windows 7, BitLocker telah diintegrasikan ke dalam Windows 7 / Vista Enterprise, Ultimate, dan Windows 8 dan versi Pro dan Ultimate yang lebih baru untuk melindungi data Anda dengan enkripsi. Perangkat lunak ini terutama digunakan untuk drive internal, tetapi juga dapat mengenkripsi USB / drive. Versi Windows lainnya, seperti versi Home, memerlukan unduhan terpisah untuk mendekripsi data enkripsi USB. Skenario ini juga berlaku saat menggunakan macOS. Ya, Windows juga memiliki alat dekripsi Bitlocker untuk Mac. Terlepas dari itu, Bitlocker dimatikan secara default, tetapi Anda mungkin telah mengaktifkan dan melupakannya sebelumnya, atau orang lain melakukannya.

Cara mematikan BitLocker di USB Stick

Untuk mematikan BitLocker di USB, Anda harus memiliki kata sandi atau kunci pemulihan. Jika Anda tidak memiliki opsi apa pun, Anda harus memformat ulang drive. Jika Anda memiliki kunci atau sandi BitLocker, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. membuka “Pencari berkas” Dan cari perangkat penyimpanan yang ada dalam pikiran Anda. Jika ikon terkunci, BitLocker diaktifkan untuk perangkat.
  2. Klik kanan pada ikon dan pergi ke “Manajemen BitLocker.” Langkah ini membawa Anda ke jendela BitLocker Drive Encryption, di mana daftar semua unit penyimpanan dan status enkripsinya ditampilkan.
  3. Sekarang yang harus Anda lakukan adalah mengklik drive USB yang dilindungi dan memilihnya Matikan BitLocker. Masukkan kata sandi atau pilih opsi lain dan masukkan kunci pemulihan. Status menunjukkan bahwa perangkat sedang didekripsi dan BitLocker dimatikan setelah selesai.

Setelah menonaktifkan BitLocker, salin sesuatu ke memori USB lagi untuk melihat apakah masalahnya telah teratasi.

Gunakan Diskpart untuk menonaktifkan Perlindungan Tulis USB

Diskpart adalah utilitas perintah yang memungkinkan Anda mengelola semua unit penyimpanan yang terdeteksi oleh komputer Anda. Untuk menghapus proteksi penulisan menggunakan Diskpart, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, periksa kapasitas penyimpanan perangkat USB dan ingat (atau buat catatan). Saran ini akan digunakan nanti. Setelah mengonfirmasi batasan ruang, sambungkan stik USB ke port komputer.
  2. Pengaturan “Garis komando.” Anda dapat melakukan ini dengan menekan “tombol Windows + R” Dan mengetik “CMD” Atau cari Command Prompt dari “Mulai menu.” Jika Anda melihat pesan “Access ditolak”, klik kanan pada Command Prompt dan pilih. “Jalankan sebagai manajer.”
  3. Ketik Command Prompt “Diskpart” Dan tekan “Memasuki.” Kemudian, ketik “Daftar Disk” Dan tekan “Bangsal” Lagi.
  4. Anda akan melihat daftar semua drive penyimpanan bernama Disk 0, Disk 1, dll. Langkah ini adalah di mana Anda memerlukan informasi kapasitas untuk mengidentifikasi perangkat USB Anda. Bandingkan dengan kolom “Ukuran” dan Anda akan menemukan nomor disk.
  5. Tipe “Pilih Disk #”, Di mana “#” adalah nomor disk. Misalnya, jika USB Anda adalah Disk 1, ketikPilih disk 1Tanpa mengutip, lalu ketuk “Memasuki.”
  6. Tipe “Fitur disk bersih hanya-baca” Dan tekan “Memasuki.” Ya, “atribut” memiliki “s” dan “readonly” adalah kata.
  7. Terakhir, tunggu penghapusan proteksi penulisan selesai, ketik “KELUAR”Lalu ketuk “BangsalUntuk menutup jendela baris perintah.
  8. Nyalakan kembali komputer Anda dan tulis lagi ke stik USB setelah memulai ulang sistem.

Gunakan registri Windows untuk menonaktifkan USB Write Protect

Jika Anda bukan pengguna yang berpengalaman, pergi ke registri tidak disarankan. Masukan yang salah dapat sangat mempengaruhi kinerja sistem Anda Membuatnya tidak terjawab. Jangan khawatir. Bahkan jika Anda tidak terbiasa dengan fitur-fitur di bawah tenda, jika Anda mengikuti metode kami dengan hati-hati, Anda dapat menghapus proteksi tulis. Pastikan Anda tidak melakukan apa pun selain langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini.

  1. Hubungkan perangkat penyimpanan yang dapat dilepas ke PC Anda, ketik “regedit” Di bilah pencarian Cortana, lalu pilih “Editor Registri” Jadwalkan dan klik “membuka.”
  2. Klik Chevron Kanan Tandai (sudut) di sebelah «HKEY_LOCAL_MACHINE ” Di panel kiri, perluas struktur direktori folder itu.
  3. Ulangi langkah “Langkah 1” untuk “SistemPerluas folder, lalu lakukan hal yang sama untuk itu «SetKontrol Saat Ini“Jalur lengkap sekarang seharusnya” HKEY_LOCAL_MACHINE -> SYSTEM -> CurrentControlSet “.
  4. Ulangi langkah “Langkah 1” lagi untuk memperluas “Kontrol” Folder, lalu konfirmasi jika “Kebijakan Perangkat Penyimpanan” hadir. Jika tidak, lanjutkan ke “Langkah 5” untuk membuatnya sendiri. Jika tidak, lanjutkan ke “Langkah 7”.
  5. Klik kanan “Kontrol” Pilih folder “yang baru” Dan pilih “Kunci.” Langkah ini membuat subfolder baru di bawah “Kontrol”.
  6. Ganti nama folder yang baru dibuat menjadi “Kebijakan Perangkat Penyimpanan.”
  7. Sekarang klik kanan di atasnya Kebijakan PenyimpananPerangkat Pilih “yang baru,” Kemudian pilih “Nilai DWORD (32 bit).” Beri nama entri baru “Perlindungan karya cipta” Tidak ada tanda kutip atau spasi
  8. Klik dua kali di atasnya “Perlindungan karya cipta” Dan ubah “Data Nilai” menjadi “0” Dan “dasar” untuk «Heksadesimal
  9. Klik “Bagus,” Keluar dari registri dan restart komputer Anda.

Setelah reboot, periksa apakah USB berfungsi dengan baik sekarang. Metode ini menonaktifkan perlindungan tulis di semua drive Anda, Jadi itu akan membuat USB Anda dapat ditulis ulang. Ketahuilah bahwa mengedit registri Windows saja dapat merusak komputer Anda, jadi setelah Anda mengikuti instruksi kami, sebaiknya jangan meninjaunya lagi.

Jika tidak ada opsi di atas yang menghapus perlindungan file dari USB Anda, cari aplikasi pihak ketiga.

Hapus Perlindungan Tulis USB di Mac

Ada lebih sedikit fleksibilitas dalam hal perlindungan penulisan di Mac terhadap Windows. Anda hanya memiliki dua opsi yang tersedia – satu untuk unit penyimpanan yang tidak dapat ditulisi karena kerusakan perangkat, sedangkan opsi lainnya mencakup pemformatan drive.

Opsi 1: Perbaiki izin

Lisensi drive USB Anda mungkin rusak, yang dapat melindungi dari penulisan. Jika demikian, Anda perlu memperbaiki kesalahan menggunakan Utilitas Disk. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah sederhana ini:

  1. Setelah menghubungkan perangkat USB, buka “Pelayanan Kesejahteraan” Dan pilih “Utilitas Disk.”
  2. Temukan drive yang ingin Anda perbaiki di bilah sisi kiri dan pilih.
  3. Klik “pertolongan pertama” Tab, tunggu setiap pemindaian selesai, lalu pilih “Perbaiki Izin Disk.”

Jika ada kesalahan dalam pengaturan lisensi, langkah-langkah di atas harus menghapus pelindung tulis USB.

Opsi 2: Format drive

Cara yang pasti untuk menghapus perlindungan penulisan di macOS adalah dengan memformat drive. Berhati-hatilah agar proses ini menghapus semua data pada perangkat USB, jadi pastikan untuk menyalin file penting di tempat lain sebelum melanjutkan.

  1. Siapkan untuk memformat USB “Utilitas Disk” Temukan drive, lalu klik di atasnya.
  2. pergi ke “membersihkan” Tab, pilih “format” Jika Anda ingin mengganti nama drive USB, klik di atasnya “membersihkan.” Untuk memulai proses pemformatan, konfirmasikan operasi di jendela yang terbuka.

Setelah drive diformat, perlindungan tulis harus dihapus. Saat memilih format, ingatlah bahwa beberapa opsi khusus untuk Mac, sementara yang lain, seperti “exFat”, dapat digunakan secara global dengan PC Mac dan Windows.

Hapus perlindungan tulis USB di Chromebook

Jika Anda menggunakan USB dengan Chromebook dan Anda menduga bahwa itu melindungi terhadap penulisan, memformat drive adalah satu-satunya pilihan Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memformat ulang drive atau stik USB yang terkunci.

  1. Terpercaya dan ahli “Program” Dan klik “File.” Sebagai alternatif, tekan Alt + Shift + M Papan ketik
  2. “Klik kanan” Di drive dan pilih “Format perangkat.”
  3. Konfirmasikan tindakan dengan mengklik “Bagus” Pada pop-up notifikasi, kemudian tunggu hingga proses selesai.

Sayangnya, ini adalah satu-satunya cara yang dapat diandalkan untuk menghapus perlindungan tulis dari USB di Chromebook. Seperti disebutkan sebelumnya, memformat drive akan menghapus semua data, jadi buat cadangan terlebih dahulu.

Hapus perlindungan penulisan dari USB di Linux

Jika Anda adalah pengguna Linux, proses ini membuka kunci perlindungan penulisan pada drive atau stik USB Anda.

  1. Pertama, luncurkan Menu aplikasi ()” Kemudian cari dan klik di atasnya “Terminal” Atau ketik “Istilah, istilah” Di bilah pencarian di atas, temukan dan luncurkan. Di beberapa distribusi Linux,Shift + Ctrl + T Atau “Ctrl + Alt + T Siapkan terminal juga.
    program terminal Linux
  2. Ketik nanti “lsblk” Dan tekan “Bangsal” Untuk mendapatkan daftar semua perangkat yang terpasang. Perintah Lsblk Linux
  3. Tipe sudo hdparm -r0 / dev / sdb Tidak ada kutipan dan tekan “Memasuki.” Dalam contoh ini, USB dipasang di “/ dev / sdb”. Setel yang sesuai (sdb, sda, dll.) “-r0” mematikan izin baca-saja. Anda mungkin perlu memutuskan atau memasang kembali drive USB melalui terminal saat hanya-baca dimatikan.Perintah terminal Linux

Dalam contoh / metode di atas, Anda mengidentifikasi drive, lalu mematikan izin baca-sajanya, lalu lepaskan dari terminal dan pasang kembali, bukan dengan melepasnya.


Terakhir, perlindungan penulisan dapat mengganggu, terutama jika Anda tidak mengetahui bagaimana hal itu terjadi pada perangkat penyimpanan Anda. Untungnya, Anda telah mempelajari cara menghapus perlindungan tulis dari USB di komputer Windows, Mac, Linux, dan Chromebook. Ini seharusnya tidak mengejutkan Anda lagi, tetapi tidak ada jaminan. Dengan semua metode yang dijelaskan di sini, setidaknya satu metode memungkinkan Anda untuk mengedit, menyalin, mentransfer, atau menghapus file di USB atau kartu SD Anda dalam waktu singkat!

Mudah-mudahan artikel tentang Cara menghapus pelindung tulis dari USB

dapat memberikan manfaat bagi Teman-teman.semua.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.