Cara mengoptimalkan Windows 11 untuk bermain game

Hai Sob blogoseo.com. Dalam kesempatan ini kita akan mengupas tentang Gaming Tutorials yaitu Cara mengoptimalkan Windows 11 untuk bermain game

Mari baca postingan ini sampai selesai

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru Microsoft, dan raksasa teknologi itu menjanjikan para gamer fitur-fitur baru yang akan mereka nikmati. Sejauh ini tidak ada alasan yang meyakinkan untuk meningkatkan ke sistem operasi terbaru, karena ada beberapa masalah dan banyak fitur yang dijanjikan belum diimpor. Namun, jika Anda pernah melakukan lompatan ini sebelumnya, Anda masih bisa memanfaatkannya sebaik mungkin.

Cara mengoptimalkan Windows 11 untuk bermain game

Pengguna dapat mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan pengalaman bermain game mereka, terutama dengan mode permainan, yang telah dipoles secara brutal untuk waktu yang lama. Baca teks ini untuk lebih jelasnya.

Aktifkan mode permainan

Di masa lalu, mode gim lebih merupakan penghalang daripada penguat pengalaman gim. Menyebabkan masalah seperti gagap dan peningkatan latensi input. Masalah ini mempengaruhi gamer dari biasa hingga profesional, karena bahkan masalah kecil seperti ini dapat menjadi penting dalam lingkungan yang kompetitif dengan kecepatan kilat.

Namun, Microsoft mendengarkan orang-orang dan menyesuaikan mode permainan dengan baik. Saat ini, aman untuk mengatakan bahwa itu tidak lagi mencegah Anda menikmati permainan Anda. Lebih baik menyalakannya sebelum memulai permainan.

  1. Di PC Anda, klik Tombol Mulai Windows di sudut kiri bawah.
  2. Klik ikon roda gigi, yang akan membawa Anda ke menu “Pengaturan”.
  3. Pilih “Permainan” dari opsi.
  4. Pergi ke “Mode Permainan”.
  5. Nyalakan mode permainan, yang membuat sakelar tampak biru.
  6. Mulai bermain.

Mengaktifkan mode permainan biasanya mengarah pada peningkatan kinerja, tetapi hasilnya berbeda dalam judul yang berbeda, karena setiap permainan berbeda. Anda dapat membandingkan dan membedakan kinerja dan mencari peningkatan yang signifikan.

Gunakan versi terbaru Windows 11

Versi terbaru dari sistem operasi biasanya menawarkan kinerja yang sedikit lebih baik, tetapi bukan itu saja. Versi yang lebih baru juga memperkenalkan patch keamanan baru yang dapat membantu melindungi mereka yang bermain dan bersosialisasi game online.

Untuk membantu mengoptimalkan pengalaman bermain game Anda, sebaiknya perbarui sistem operasi Windows 11 Anda sebanyak mungkin.

  1. Buka menu Start di kiri bawah layar.
  2. Klik pada “Pengaturan”.
  3. Cari “Pembaruan Windows” di panel kiri.
  4. Di bagian Pembaruan, pilih “Periksa Pembaruan”.
  5. Jika ada pembaruan baru, izinkan Windows untuk menginstalnya.
  6. Hidupkan Kembali komputer Anda.

Cara terbaik untuk mengelola versi terbaru Windows 11 adalah dengan mengaktifkan pembaruan otomatis. Sistem menginstalnya secara otomatis, dan yang harus Anda lakukan adalah me-restart komputer Anda agar perubahan diterapkan.

Perbarui driver grafis Anda

Setiap PC game yang berharga memiliki GPU khusus yang dapat menangani beban kerja game yang berat. Namun, laptop dengan grafis terintegrasi atau APU menerima pembaruan dari Pembaruan Windows.

Tidak masalah jika komputer Anda memiliki GPU AMD atau NVIDIA, Anda harus menggunakan perangkat lunak berpemilik yang sesuai.

Berikut cara memperbarui driver NVIDIA Anda.

  1. Luncurkan NVIDIA GeForce Experience.
  2. Klik “Periksa Pembaruan”.
  3. Unduh driver terbaru.
  4. Instal drivernya.

Untuk GPU AMD, Anda memerlukan perangkat lunak AMD Radeon.

  1. Luncurkan perangkat lunak AMD Radeon.
  2. Pilih “Periksa pembaruan”.
  3. Pergi ke “Driver dan Perangkat Lunak”.
  4. Unduh dan instal pembaruan baru apa pun.

Ikuti langkah-langkah ini jika Anda menggunakan PC atau laptop dengan grafis terintegrasi.

  1. Tekan Windows + R.
  2. Ketik “devmgmt.msc” tanpa karakter atau huruf tambahan.
  3. Klik “OK” untuk membuka Pengelola Perangkat.
  4. Gulir ke bawah dan temukan “Display Adapters”.
  5. Perluas dan temukan driver grafis terintegrasi.
  6. Klik kanan padanya dan pilih “Perbarui Driver”.
  7. Klik “Pencarian Otomatis untuk Driver”.
  8. Restart komputer Anda setelah menginstal driver.

Menjaga driver grafis Anda tetap up to date telah menjadi metode standar untuk semua PC gaming, dan jika Anda memastikan semuanya up to date, Windows 11 akan lebih diuntungkan.

Aktifkan pengaturan pemilihan GPU untuk setiap aplikasi

Fitur Windows 10 ini disertakan dalam PC Windows dan memungkinkan pengguna untuk menetapkan GPU secara manual ke setiap program. Dengan manajemen yang tepat, Anda dapat mendedikasikan GPU yang lebih baik untuk tugas-tugas terberat, sekaligus menangani proses yang kurang penting. Performa dapat meningkat setelah pengaturan selesai.

  1. Buka menu Mulai Windows.
  2. Buka menu “Pengaturan”.
  3. Pilih “Sistem” di sebelah kiri.
  4. Dari daftar di sebelah kanan, klik “Tampilkan”.
  5. Cari “grafik”.
  6. Arahkan ke program apa pun yang ingin Anda ubah dan klik namanya.
  7. Pilih tombol “Opsi” yang muncul.
  8. Pilih GPU yang ingin Anda gunakan.
  9. Ulangi untuk program lain yang Anda miliki.

Ada tiga pilihan.

  • Biarkan Windows yang memutuskan
  • Penghematan energi
  • Performa tinggi

Jika Anda memiliki lebih dari satu GPU, mode hemat daya menggunakan mode yang lebih lemah. Performa tinggi akan menjadi kartu grafis NVIDIA atau AMD Anda. Untuk hasil terbaik, biarkan game berjalan di opsi teratas.

Program yang Anda ubah pengaturannya tidak boleh dijalankan saat Anda membuat perubahan ini. Jika demikian, mulai ulang untuk melakukan perubahan.

Aktifkan mode performa tinggi

Perbedaan antara mode hemat daya dan kinerja tinggi sangat menakjubkan, karena yang terakhir menghabiskan baterai Anda dengan kecepatan yang tidak pernah Anda duga. Jika Anda bermain di rumah, menyalakan mode performa tinggi selalu menjadi pilihan terbaik. Hal ini membuat Windows 11 memprioritaskan proses game dan mengalihkan sebagian besar energi untuk melakukannya.

  1. Klik pada bilah pencarian Anda.
  2. Ketik “rencana paksa”.
  3. Klik pada “Edit Rencana Daya”.
  4. Setelah jendela terbuka, pilih opsi Opsi Daya.
  5. Jika kinerja tinggi tidak terlihat, tunjukkan desain tambahan.
  6. Pilih “Kinerja Tinggi” dari daftar.
  7. Sejak itu, Windows 11 telah menggunakan semua kekuatannya untuk kinerja.

Pengaturan ini terutama untuk laptop, karena PC tidak memerlukan baterai internal untuk menjalankannya.

Nonaktifkan perekaman apa yang terjadi

Windows 11 memiliki bilah permainan Xbox yang memungkinkan pengguna untuk merekam klip yang telah terjadi selama jangka waktu tertentu. Karena pengaturan ini dapat mengurangi kinerja, yang terbaik adalah menonaktifkannya. Opsi perekaman berbasis driver yang lebih baik tersedia untuk pengguna AMD dan GPU NVIDIA.

  1. Buka menu Mulai.
  2. Buka menu pengaturan dengan mengklik ikon roda gigi.
  3. Pilih “Mainkan”.
  4. Klik pada “Tangkap”.
  5. Matikan “Rekam Apa yang Terjadi”.

Jika Anda masih ingin mengaktifkannya, Anda dapat mengurangi frekuensi gambar dan kualitas penyimpanan iterasi ini. Dengan cara ini, Anda masih dapat merekam klip permainan Anda tanpa mengurangi kelancaran permainan. Namun, yang terbaik adalah mematikan pengaturan.

NVIDIA Shadowplay jauh lebih ringan saat berjalan di latar belakang perangkat keras PC Anda, dan banyak pemain menggunakannya untuk merekam gameplay PC. Di sisi lain, pengguna AMD dapat menggunakan ReLive, yang merupakan jawaban perusahaan untuk Shadowplay. Keduanya memiliki fitur pemutaran instan yang bagus untuk menangkap klip berkualitas tinggi.

Nonaktifkan aplikasi agar tidak diluncurkan saat startup

Anda mungkin akrab dengan trik ini karena kembali ke versi Windows yang lebih lama. Menjalankan terlalu banyak program secara bersamaan dapat memperlambat komputer Anda, jadi sebaiknya batasi program tersebut.

  1. Klik Tombol Mulai Windows di sudut kiri bawah.
  2. Pilih ikon roda gigi dan buka menu pengaturan.
  3. Pilih “Aplikasi”.
  4. Pergi ke “Aplikasi dan Fitur”.
  5. Dari daftar program yang diinstal, nonaktifkan program yang tidak Anda perlukan.

Selain meningkatkan kinerja game, Anda juga dapat merasakan waktu start-up yang lebih cepat saat menyalakan PC Anda. Bukan rahasia lagi bahwa eksekusi program yang berlebihan pada saat Anda ingin bermain memperlambat segalanya. Oleh karena itu, Anda dapat membatasi proses yang berjalan selama permainan.

Nonaktifkan Tingkatkan Presisi Penunjuk

Banyak mouse gaming saat ini memiliki driver dan perangkat lunak untuk meningkatkan sensitivitas atau mengaktifkan akselerasi pointer. Windows 11 juga memiliki fitur akselerasi mouse bawaan, tetapi yang terbaik adalah mematikannya. Dengan cara ini, Anda dapat menyesuaikan mouse dengan tepat tanpa gangguan eksternal.

  1. Cari “Mouse” di bilah pencarian Windows.
  2. Pergi ke “Pengaturan Mouse”.
  3. Klik pada “Pengaturan mouse tambahan”.
  4. Pergi ke “Opsi Pointer”.
  5. Di bagian “Gerakan”, nonaktifkan “Tingkatkan Presisi Pointer”.
  6. Terapkan pengaturan.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, Anda dapat mengonfigurasi pengaturan mouse game Anda. Semuanya harus terasa lebih baik tanpa akselerasi aneh yang tidak Anda inginkan.

Perbaikan lebih lanjut sedang dalam perjalanan

Untuk saat ini, bukan ide terbaik untuk menggunakan Windows 11, tetapi Anda masih dapat menjalankan grafik ringkas pada sistem operasi yang sempurna. Dengan menyesuaikan pengaturan ini, komputer Anda sekarang lebih mampu memainkan game keras pada pengaturan yang lebih tinggi. Tes untuk hasil terbaik.

Manakah dari setelan ini yang baru bagi Anda? Apakah Anda melakukan salah satu dari ini sebelum membaca artikel kami? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Mudah-mudahan postingan tentang Cara mengoptimalkan Windows 11 untuk bermain game

dapat memberikan faedah untuk Teman-teman.semua.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.