Fakta Ghozali Everyday yang Belum Banyak Diketahui, Gak Niat Jualan Sampai Rencana Rilis NFT Spesial

Siapa yang gak tahu figur pemuda namanya Ghozali? Belakangan ini, dia trending di sosial media sesudah sukses mengantongi miliaran rupiah dari mengupload koleksi photo selfie dianya sebagai Non-Fungible Token (NFT). Koleksi namanya Ghozali Everyday itu diupload di basis OpenSea. Keseluruhan ada 933 photo selfie yang dia mengambil secara stabil sepanjang lima tahun dari 2017-2021.NFT itu juga laku manis. Saat itu juga nama Ghozali trending di sosial media. Banyak figure yang aktif di dunia NFT juga mengulas masalah figur Ghozali ini.

 

Tetapi sebetulnya, siapa sich Ghozali? Lantas seperti apakah ceritanya semenjak awalnya sampai dapat sukses dan kaya dari usaha jualan NFT semacam ini? saya telah persiapkan beberapa fakta mengenai figur Ghozali Everyday yang belum diketahui banyak orang seperti diringkas dari beragam sumber. Baca berikut ya!

1. Awalnya ingin buat timelapse

Rupanya, Ghozali benar-benar gak punya niat jual koleksi photo selfie-nya itu menjadi NFT, geng. Malah dia cuman ingin membuat video timelapse mengenai peralihan mukanya dari tahun 2017-2021.Tetapi menyaksikan trend pasar yang sedang menyukai NFT, dia juga pada akhirnya main-main mengupload koleksi photo selfie-nya yang sejumlah 933 photo itu ke basis OpenSea. Tidak diduga, beberapa fotonya itu justru laris semua.

Semua photo itu betul-betul diambil Ghozali nyaris tiap hari sepanjang lima tahun.

“Kan tahun awal masih rajin photo, tahun ke-2 kemungkinan lupa sehari, 2 hari. Tetapi ya tetep inget buat maksudnya buat video. Sampai tahun ini 2021 ini sudah setop,” ikat ia seperti diambil dari YouTube Close the Door bersama Deddy Corbuzier dan Chef Arnold Poernomo, Senin (17/1/2022).

2. Awalnya lucu-lucuan

Awalannya, dia akui hanya jadikan ini sebagai gelaran lucu-lucuan saja. Dia benar-benar tidak menduga jika photo selfie-nya itu bakal ada yang beli.”Tidak hanya maksudnya saya minting itu memang, oh ini gak akan laris nih, getho. Iya seperti saya pertama nge-tweet tuch saya ngupload photo selfie di OpenSea, lol. Kan memang maksudnya lucu-lucu,” papar Ghozali.Ghozali mengutarakan jika NFT umumnya sebagai kreasi seni digital seperti 3D, animasi. Karena ada photo selfie dianya jadi NFT, itu akan jadi satu hal yang lucu.

3. Sempat jadi meme

Menurut Chef Arnold Poernomo saat interviu bersama Deddy Corbuzier, dia dan komune NFT-nya menjadi salah satunya yang pertama kalinya beli NFT Ghozali.Awalannya, mereka cuman ingin menolong Ghozali dengan memberi rejeki. Mereka gak menduga jika NFT itu akan meletus dan trending.”Ini lucu, ini meme. Awalannya saya gak ingin membeli. Terus muka Ghozali di-post (di group) dijadiin bergurauan,” kata Chef Arnold.

4. Wajah tak ada perubahan

Meskipun awalannya mempunyai tujuan membuat video timelapse peralihan muka dianya sepanjang lima tahun, kenyataannya Ghozali mengaku jika mukanya benar-benar gak berbeda, geng.Pertama kalinya ambil selfie, dia baru sama lulus dari SMK. Sekarang, dia ialah mahasiswa semester 7 Kampus Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang.Beberapa temannya sendiri sempat mengejeknya jika muka pemuda namanya komplet Sultan Gustaf Al Ghozali itu benar-benar gak berbeda dalam waktu lima tahun.

5. Harus bayar pajak pertama kali

Keberhasilan Ghozali mengantongi cuan dari NFT juga membuat dicolek Ditjen Pajak di sosial media Twitter. Dia disuruh bayar pajak.

“Congratulations, Ghozali! Here is a link where you can registrasi your TIN: https://pajak.go.id/id,” catat account @DitjenPajakRI.

Ghozali juga membalasnya jika ini sebagai pembayaran pajak pertama kali dalam hidupnya. Tetapi dia tetap melunasinya karena dia ialah masyarakat negara Indonesia yang baik.

6. Ingin punya studio animasi sendiri

Saat ditanyakan uang yang dia peroleh hasil dari jualan NFT itu ingin dipakai buat apa, Ghozali menjawab jika satu diantaranya dia ingin punyai studio animasi sendiri. Sekarang ini Ghozali sedang menuntut pengetahuan di jalur animasi, geng.Disamping itu, dia ingin memakai uangnya untuk menolong orangtua dan menyumbangnya pada orang yang memerlukan.

7. Hari pertama penjualan laku 33 NFT

Awalannya, Ghozali benar-benar gak menduga jika ada orang yang akan beli NFT kepunyaannya itu. Dia memang gak punya niat mendapatkan keuntungan, semuanya cuman lucu-lucuan saja.Karena itu dia akui terkejut saat baru hari awal dia promo melalui account Twitter-nya, @Ghozali_Ghozalu, tetapi ada yang telah beli NFT-nya.

Ada 33 NFT yang laris di hari awal, pada harga 1 photo sekitar 3 dolar AS atau sekitaran Rp 43.000.

8. 933 foto laku semua

Keseluruhan photo NFT yang di-minting Ghozali di OpenSea sejumlah 933 photo. Cuman perlu waktu tiga hari untuk semuanya photo itu habis terjual, geng!

“Hari ke-3 laris semua, terus Jejouw ngomong jika laris semua saya ingin diberi netbook sama sneakers,” papar Ghozali.

9. Aksinya banyak ditiru

Sepertinya banyak orang yang gatal menyaksikan keberhasilan Ghozali, karena ada banyak orang yang selanjutnya mengikuti laganya mengupload beberapa foto unik bin aneh ke OpenSea sebagai NFT.Bahkan juga, saya mendapati tingkah laku aneh warganet Indonesia yang mengupload banyak hal yang gak semestinya di basis itu. Dimulai dari photo KTP, photo bayi, photo makanan, photo seksi, sampai photo barang jualan mereka. Aduh, ada-ada saja ya, geng!

10. Gak akan bisa terjadi lagi

Walau bagaimanapun, Chef Arnold yang datang saat wawancara dengan Deddy Corbuzier menjelaskan jika keberhasilan Ghozali ini kemungkinan gak bisa terjadi kembali, geng.Masalahnya Ghozali dapat disebut sebagai penyimpangan. Gak ada yang menduga jika Ghozali dapat trending.Oleh karena itu, nama Ghozali sendiri telah mempunyai nilai dan berkaitan dengan NFT photo selfie. Hingga bila ada orang yang usaha mengikutinya, ya peluang tidak bisa laris kembali.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.