Setel ulang kartu grafis Anda dari layar hitam

Hai Gaes blogoseo.com. Kali ini kita akan mengupas tentang Gaming Tutorials yakni Setel ulang kartu grafis Anda dari layar hitam

Mari baca artikel ini sampai selesai

Jika Anda telah menonaktifkan chip grafis utama perangkat Anda, layar Anda akan segera menjadi hitam. Situasi ini terjadi karena perangkat keras untuk mengirim data visual ke halaman Anda dinonaktifkan. Terlepas dari itu, masalahnya hanyalah masalah perangkat lunak dan hanya dapat sepenuhnya dibalik dengan mengatur ulang CMOS yang mengontrol BIOS.

Cara memperbaiki kartu grafis yang dinonaktifkan pada laptop atau PC: Setel ulang kartu grafis Anda dari layar hitam

Bergantung pada seberapa nyaman Anda dengan komputer Anda dan jumlah periferal yang tersedia, cara memulihkan kartu grafis Anda bisa sangat sederhana atau sangat rumit.

Artikel ini membahas cara memperbaiki kartu grafis yang dinonaktifkan dari BIOS dan sistem operasi Windows, tergantung bagaimana Anda menonaktifkannya terlebih dahulu.

Apa itu BIOS dan CMOS?

BIOS adalah singkatan dari Basic Input / Output System, dan sistem operasinya ada di dalam sebuah chip yang pertama kali dibaca saat boot, ditambah lagi dengan memberitahu komputer Anda apa yang harus dilakukan dengan setiap perangkat keras. Antarmuka pengguna grafis (GUI) akan mirip dengan atau mirip dengan gambar berikut:

Cara memperbaiki kartu grafis yang cacat pada laptop atau PC

Complementary Metal Oxide Semiconductor (CMOS) bertindak sebagai memori jangka pendek dan memberi tahu BIOS apa yang harus dilakukan setiap kali Anda menghidupkan komputer. CMOS umumnya muncul pada semikonduktor jam RTC, tetapi beberapa motherboard memiliki chip terpisah.

Untuk informasi lebih lanjut tentang keduanya, lihat bagian FAQ.

Perbaiki kartu grafis yang dinonaktifkan dari BIOS

Opsi 1: Setel ulang BIOS menggunakan kunci di laptop atau komputer desktop Anda

Catatan: Menyetel ulang BIOS komputer Anda hanya akan berfungsi jika GPU dinonaktifkan dari BIOS. Jadi, jika Anda telah menonaktifkannya dari Windows Device Manager, dll., lewati saja.

Sebagian besar motherboard memiliki sakelar reset CMOS yang memutus daya baterai cadangan ke BIOS – ini adalah pengaturan pin dan plug. Namun, mungkin menggunakan tombol pada beberapa motherboard. Jika papan Anda memiliki sakelar reset, lebih mudah untuk mengatur ulang pengaturan CMOS dan BIOS.

Saklar umumnya terdiri dari dua atau tiga pin.

1. Cabut steker, lalu tahan tombol daya setidaknya selama 20 detik untuk menguras energi yang tersisa. Jika sakelar Anda memiliki pin ketiga, lepaskan dan letakkan di pin luar yang berlawanan seperti yang ditunjukkan di atas. Tekan dan tahan tombol daya lagi setidaknya selama 20 detik.

2. Kemudian, pasang kembali steker pada tempatnya, atau jika tiga pin terpasang, letakkan di pin eksternal utama.

Dengan melepas steker dari pin, BIOS pada dasarnya “lupa” pengaturan apa yang digunakan saat booting dan kembali ke keadaan default. Jangan khawatir, tidak ada file atau data Anda yang akan diubah atau dihapus karena disimpan di hard drive atau SSD Anda. Sebaliknya, komputer kembali ke pengaturan boot standar.

Opsi 2: Lepaskan baterai CMOS dari laptop atau komputer desktop Anda

Karena CMOS ini ditenagai oleh baterai kecil (CR2032), opsi kedua adalah mereset BIOS.

Lepaskan baterai CMOS desktop

  1. Untuk desktop, melepas baterai CMOS cukup sederhana: pastikan perangkat Anda dimatikan dan lepaskan semua kabel eksternal, lalu buka casing untuk memaparkan perangkat keras di dalamnya. Jika Anda tidak yakin bagaimana melakukannya, lihat informasi produsen, tetapi Anda akan diperingatkan bahwa hal itu dapat membatalkan garansi Anda.

2. Ketika komponen internal tersedia, temukan dan lepaskan baterai CMOS, yang pada dasarnya seperti baterai jam besar – biasanya ditempatkan di kompartemen yang terlihat pada motherboard. Setelah ditemukan, lepaskan baterai, tetapi Anda mungkin perlu melepas mekanisme penjepit terlebih dahulu.

3. Dengan baterai CMOS dilepas, tekan dan tahan tombol daya selama sekitar 15 detik untuk menguras sisa daya pada motherboard. Langkah ini akan memberikan waktu CMOS untuk me-reset sendiri ke keadaan default.

4. Sekarang, masukkan kembali baterai CMOS, pastikan terpasang dengan benar.

5. Kemudian, tutup kembali casing komputer Anda dan mulai ulang perangkat Anda. BIOS Anda harus sudah mengatur ulang sendiri dan mengaktifkan kembali grafik internal Anda dalam prosesnya.

Lepaskan baterai CMOS laptop

Akses ke baterai CMOS bisa lebih menantang bagi pengguna laptop. Beberapa model memiliki baki pembuka kecil pada sasis untuk memudahkan pelepasan, mirip dengan baki DVD, kecuali untuk ukuran yang jauh lebih kecil – lebarnya kira-kira satu inci. Jika laptop Anda tidak memiliki fitur baki (sebagian besar tidak), Anda harus melepaskan “laptop” Anda untuk mencapai kompartemen baterai.

Cara memperbaiki kartu grafis yang dinonaktifkan tanpa layar 5

Mengingat banyaknya variasi laptop dan model yang tersedia, tidak mungkin memberikan panduan komprehensif untuk memisahkan semuanya. Cara terbaik untuk mengetahui cara memisahkan perangkat khusus Anda adalah dengan menentukan nomor model laptop Anda dan kemudian menggunakan pencarian web untuk menemukan tutorial atau video yang bagus.

Setelah Anda memiliki akses ke baterai, ikuti langkah-langkah di atas untuk desktop: hapus instalan, cabut, ganti, dan mulai ulang.

Setelah memulai ulang perangkat, BIOS Anda akan kembali normal dengan layar aplikasi.

Jika Anda masih mengalami masalah setelah melakukan langkah-langkah di atas, ganti baterai CMOS dengan yang baru.

Cara lain adalah dengan membawanya ke bengkel komputer lokal Anda. Beri tahu karyawan bahwa Anda perlu mengatur ulang BIOS dengan melepas baterai CMOS, dan sebagian besar dari mereka akan dengan senang hati melakukannya untuk Anda.

Memperbaiki penonaktifan kartu grafis di Windows

Seperti yang disebutkan, jika Anda menonaktifkan kartu grafis di Windows menggunakan Device Manager atau aplikasi lain, Anda harus mengaktifkannya kembali dengan mem-boot ke Safe Mode.

Boot dalam mode aman

Pertama, boot sistem Anda ke Safe Mode dengan menahan tombol Menggeser + F8 Tombol saat pengaktifan Jika layar saat ini berfungsi, aktifkan kembali kartu grafis kecuali jika kartu grafis Anda mati atau Anda memiliki kabel layar atau layar yang rusak. Anda juga perlu memperbarui driver sistem Anda. Selain itu, mengatur ulang PC Anda ke default pabrik dapat memperbaiki masalah Anda jika itu terkait dengan perangkat lunak.

Sekali lagi, jika Anda tidak melihat tampilan sama sekali saat mem-boot PC Anda (layar BIOS), Anda mungkin memiliki masalah yang lebih serius. Sistem operasi komputer Anda tidak memiliki kendali atas layar boot, jadi jika Anda telah mencoba yang lain dan tidak melihat apa-apa, Anda mungkin memiliki CPU atau kabel atau kartu grafis yang rusak.

Aktifkan kembali kartu grafis

  1. Setelah meluncurkan Windows, buka Device Manager.
  2. Sekarang, gulir ke bawah Adaptor layar Dan klik di atasnya. Pengelola Perangkat - Adaptor Tampilan
  3. Kemudian klik kanan pada kartu grafis Anda dan pilih Aktifkan perangkat Jika dinonaktifkan
  4. Anda sekarang dapat me-restart komputer untuk melihat apakah itu berfungsi atau mencoba memperbarui driver. Seringkali yang terbaik adalah mencoba satu hal pada satu waktu dan melihat apakah itu menyelesaikan masalah.

Solusi alternatif

Banyak pembaca telah menyebutkan masalah layar hitam lainnya di PC atau laptop mereka, jadi berikut adalah beberapa tips bagi mereka yang telah mencoba langkah-langkah di atas dan belum memperbaiki masalah layar hitam mereka.

Hubungkan kabel video Anda ke kartu grafis onboard

Jika Anda memiliki desktop, Anda dapat menggunakan kartu grafis bawaan untuk memperbaiki sementara masalah booting layar hitam. Sambungkan kabel HDMI / VGA Anda ke output video internal (di bagian belakang PC Anda) alih-alih output slot PCI atau PCIe. Banyak laptop memiliki GPU bawaan, tetapi biasanya tidak cocok untuk bermain game.

Bersihkan komponen dan koneksi internal komputer Anda

Selanjutnya, buka casing komputer Anda dan periksa debu atau partikel di motherboard Anda. Pembersihan lengkap komputer Anda mungkin tidak berfungsi dengan baik lagi.

Kotoran, kotoran, dan minyak yang menumpuk di kulit Anda dapat mengganggu sinyal listrik di sekitar persendian, jadi membersihkan komputer dan perangkat lain secara teratur biasanya merupakan ide yang baik.

Periksa dengan produsen

Terakhir, hubungi produsen suku cadang untuk mendapatkan informasi khusus untuk perangkat Anda (termasuk dukungan teknis pribadi dan garansi). Gunakan mesin pencari untuk menemukan informasi ini dan minta bantuan lebih lanjut.

Terkadang, produsen tidak mendeteksi desain yang rusak selama bertahun-tahun, jadi pastikan untuk memeriksanya secara menyeluruh.

—–

Terakhir, ada banyak hal yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah kartu grafis yang dinonaktifkan. Yang paling penting untuk diingat adalah Anda harus mengaktifkannya kembali dengan cara yang sama seperti Anda menonaktifkannya, misalnya, jika dinonaktifkan di BIOS, aktifkan kembali dari BIOS, dan jika dinonaktifkan di Windows, aktifkan kembali dari Windows lakukan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan GPU Dinonaktifkan / Halaman Hitam

Apa perbedaan antara CMOS dan BIOS?

Dalam situasi tertentu, seperti mengatur ulang BIOS dan mengosongkan CMOS, Anda mungkin mendengar baik CMOS maupun BIOS. Keduanya terkait, tetapi mereka adalah kasus yang terpisah.

Sistem input-output utama (BIOS) adalah perangkat keras yang disimpan pada chip pada motherboard dan dijalankan pertama kali selama proses boot. Firmware menguji perangkat keras PC dan kemudian meluncurkan bootloader jika ada lebih dari satu sistem operasi, atau apa pun itu, membuka sistem operasi yang diinstal. BIOS menyertakan antarmuka pengguna grafis (GUI) yang dapat diakses dengan menekan tombol pintasan selama startup, yang biasanya dikonfigurasi. F2kan F12Atau Menghapus. Di dalam antarmuka pengguna grafis, Anda akan menemukan semua informasi perangkat keras dan opsi konfigurasi.

Suplemen semikonduktor oksida logam (CMOS) dinamai sesuai proses manufaktur untuk membuat papan elektronik, RAM PC, dan periferal lainnya. CMOS mirip dengan RAM di komputer pribadi, kecuali bahwa ia menyimpan data saat komputer dimatikan, ditambah lagi memiliki kapasitas minimum (biasanya 256 byte). CMOS menyimpan data dan waktu, urutan boot, dan informasi drive disk. Sisanya disimpan dan dikelola oleh BIOS. Jadi, kedua hal ini bekerja bersama untuk membuat komputer Anda berhasil boot.

Komputer saya mengatakan, “Kartu grafis tidak terdeteksi.” Apa artinya ini dan bagaimana cara memperbaikinya?

Ada beberapa alasan mengapa komputer Anda tidak mengenali kartu grafis Anda dan oleh karena itu layar tidak berfungsi.

Pertama, jika Anda menggunakan komputer desktop, buka casing dan pastikan semua koneksi terpasang dengan benar. Titik kontak yang longgar dapat menyebabkan kegagalan perangkat keras.

Kedua, pastikan Anda memiliki pengaturan grafis yang tepat. Anda mungkin perlu menonaktifkan GPU internal dan mengatur ulang.

Ketiga, Anda mungkin memiliki masalah catu daya, jadi pastikan komputer Anda memiliki daya yang cukup untuk menjalankan kartu grafis. Jika Anda baru saja menginstal atau memutakhirkan kartu grafis Anda, Anda harus menginstal driver.

Terlepas dari opsi ini, Anda mungkin memiliki masalah koneksi lain, Windows mungkin memerlukan pembaruan perangkat lunak, atau Anda mungkin memiliki kartu grafis atau motherboard yang rusak.

Apa itu layar biru kematian? Apakah karena kartu grafis saya?

BSOD didasarkan pada cacat pada PC Windows di mana perangkat lunak atau perangkat keras mencegah sistem Anda untuk memulai atau berjalan dengan benar. Situasi ini tidak diragukan lagi dapat disebabkan oleh kartu grafis, driver, perangkat lunak, atau perangkat keras lain pada perangkat Anda. Anda perlu meneliti masalah Anda untuk menentukan penyebabnya.

Sistem operasi Windows biasanya harus dimatikan setelah mengalami BSOD, tetapi layar terlebih dahulu memberikan kode kesalahan (biasanya kata-kata). Untuk mengetahui di mana masalahnya, Anda perlu merujuk ke kode kesalahan itu sehingga Anda dapat memperbaikinya. Jika Anda memiliki garansi pada komputer Anda, hubungi pabriknya.

Semoga artikel mengenai Setel ulang kartu grafis Anda dari layar hitam

dapat memberikan manfaat untuk Teman-teman.semua.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.